Friday 4 November 2011

Sejarah kamera

Liburan memang menyenangkan. Saat-saat seperti itu harus diabadikan supaya bisa dikenang terus. Caranya bisa dengan merekam lewat video atau kamera. Kini siapa saja bisa mengabadikan saat-saat mengasyikkan. Soalnya hampir setiap handphone kini ada kameranya. Berbicara tentang kamera, gimana ya sejarahnya?

    Kamera merupakan alat yang berfungsi untuk menangkap dan mengabadikan gambar. Kamera pertama kali disebut kamera obscura yang berasal dari bahasa latin. Kamera obscura merupakan sebuah instrumen yang terdiri dari ruang gelap/box yang memantulkan cahaya melalui penggunaan 2 buah lensa konveks kemudian meletakkan gambar objek eksternal tersebut pada sebuah kertas/film yang diletakkan pada pusat fokus lensa tersebut. Kamera obscura pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim bernama Alhazen. Pada tahun 1660an seorang ilmuwan Inggris Robert Boyle dan pembantunya Robert Hooke menemukan portable camera obscura. Kamera pertama yang praktis dan cukup kecil untuk dapat digunakan dalam bidang fotografi ditemukan pertama kali oleh Johan Zahn pada tahun 1685. Kamera fotografi model Johan Zahn menerapkan prinsip dimana selalu menggunakan slide tambahan yang digunakan untuk memfokuskan objek. 

Perkembangan dunia fotografi dikembangkan oleh Jacques Daguerre, seorang pemuda yang dilahirkan di perancis utara. Pada tahun 1837 ia mengembangkan cara membuat foto yang disebut dengan daguerreotype. Dia bekerjasama dengan Nicephore Niepce yang lebih dulu sukses dalam bidang fotografi. Proses daguerre ini tidak mudah, orang harus bergaya di depan kamera selama 8 jam untuk menghasilkan 1 foto. Hasilnya pun juga masih buram. Meski begitu mereka tetap memberitahukan penemuan itu kepada masyarakat sekitar. Sebagai jasanya pemerintah Perancis memberikan pensiun seumur hidup kepada mereka, akan tetapi Niepce tidak dapat menerima penghargaan itu karena ia telah meninggal lebih dulu. 
Akhirnya daguerre pun yang meneruskan percobaan fotografi ini sendiri. Dengan usaha kerja kerasnya seiring dengan berjalannya waktu perkembangan teknologi bidang fotografi pun berkembang pesat. Dan akhirnya sekarang kamera tidak hanya digunakan untuk menangkap objek yang berfungsi sebagai kenangan tetapi juga digunakan untuk menangkap objek yang sedang bergerak. Seperti kamera video, kamera mikro, kamera sensor dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment